RSS

Ujian PJJ 3 Agust 2012

03 Agu

Soal – 1

1. Dari sisi Pengajar (Guru/Dosen)

Bagi seorang pengajar, pendidikan tatap muka mempunyai kelebihan dan kekurangan. Untuk kelebihannya, seorang pengajar dapat berinteraksi secara langsung dengan peserta didiknya, melihat wajah dan ekspresi dari peserta didik, serta menanggapi pertanyaan ataupun tanggapan dari peserta didiknya secara langsung, tapi itu dapat berlaku apabila pengajar dan peserta didiknya berada di daerah atau tempat yang berdekatan. Apabila jaraknnya berjauhan, itu akan menjadi hal yang sangat sulit bagi pengajarnya untuk harus bolak-balik mengunjungi peserta didiknya, dan juga akan menghabiskan banyak waktu, biaya, dan tenaga dari si pengajar. Dalam hal inilah pjj diharapkan terjadi, para pengajar yang tadinya kesulitan untuk menjangkau peserta didiknya, dapat teratasi dengan pjj. Proses pembelajaran dapat dilakukan melalui suatu media yang tepat dan terbaik, misalnya internet, hp, dll.

2. Dari sisi Peserta Didik (siswa/mahasiswa)

Bagi mahasiswa/siswa yang mempunyai keinginan dan tekad yang kuat untuk dapat memperloh ilmu, tapi terhalang oleh waktu dan jarak yang jauh, pjj adalah solusi yang tepat. Dengan pjj, peserta didik dapat berinteraksi melalui suatu media yang tepat, misalnya internet bagi daerah yang sudah memadai ekses internetnya, ataupun hp (baik via telepon ataupun sms). Tapi bagi peserta didik yang berada dalam lingkungan yang berdekatan dengan pendidiknya dan tidak mempunyai kegiatan wajib yang lainnya, mungkin pendidikan tatap muka adalah pilihannya.

3. Dari sisi bahan ajar yang digunakan

Untuk bahan ajar yang digunakan mungkin tidak memiliki perbedaan yang terlalu besar. Kalaupun ada perbedaan, mungkin disaat pendidik meminta peserta didik untuk melakukan suatu pratikum secara langsung.

Soal – 2

Kriteria yang dibutuhkan dari sebuah pembelajaran dalam pjj :

  1. Media tersebut harus interaktif, maksudnya disini media diharapkan dapat membuat peserta didik untuk bisa terlibat secara keseluruhan, baik itu dari pikiran, penglihatan, maupun pendengarannya.
  2. Media tersebut harus dapat membuat peserta didik menjadi seorang yang pelajar yang mandiri, baik itu dalam hal waktu, kesadaran, dan keinginan untuk mencari referensi yang lainnya.
  3. Media harus dapat merangkum semua sumber ataupun meteri dari manapun.
  4. Media harus dapat menyediakan wadah interaksi bagi peserta didiknya, baik itu tugas, feedback, dan lainnya yang dapat mengetahui kompetensi dari peserta didiknya.
  5. Media harus dapat mencipkan suatu kolaburasi untuk mengembangkan komunitas peserta didiknya.

Soal – 3

Faktor pendukung pjj:

  1. Pjj dapat membantu peserta didik yang tidak dapat mengikuti pendidikan tatap muka tanpa mengurangi kualitas pendidikannya.
  2. Pjj dapat menjangkau daerah-daerah pedalaman di pelosok negeri ini untuk membantu mereka yang mempunyai tekad kuat untuk dapat mengenyam pendidikan.

 

Kendala perkembangan pjj di Indonesia:

  1. Kurangnya akses internet di daerah-daerah pedalaman yang seharusnya dapat menjadi salah satu penunjang utama bagi media pjj yang lebih baik.
  2. Kurangnya sosialisasi tentang pjj untuk rakyat Indonesia.

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 3, 2012 inci Uncategorized

 

Tinggalkan komentar